Breaking News
recent

Pesona Pantai Surumanis


Pesona Pantai Surumanis



Pantai Surumanis

AYAH – Pantai Surumanis masih terdengar asing bagi masyarakat Kabupaten Kebumen pada umumnya. Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah atau berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Ya, Desa Pasir di barat daya Kebumen ini masih mempunyai pantai indah di garis pantai selatannya.

Pantai yang berada tepat di sebelah timur Pantai Pecaron ini belum banyak dikunjungi orang. Bukan tanpa alasan, untuk menjangkau Pantai Surumanis ini pengunjung harus melewati jalan yang terjal dan sulit serta menaiki bukit. Kesan pertama yang didapati saat menginjakan kaki di Pantai Surumanis adalah sepi dan bersih.

Pantai Surumanis tak jauh berbeda dengan Pantai Pecaron. Pasir pantai hitam kecoklatan menjadi batas garis pantai sepanjang 600 meter ini. Namun di pantai ini sedikit dijumpai sampah baik organik maupun non organik layaknya Pantai Pecaron. Hal tersebut dikarenakan Pantai Surumanis tidak dijadikan muara sungai.

Gulungan ombak khas pantai selatan keras menjemput pasir pantai yang lapang menjorok ke daratan. Pepohonan hijau yang asri menambah keindahan dari pantai yang ‘terisolir’ ini. Tebing hijau membatas memanjang dari barat ke timur menjadi latar yang apik dan memanjakan mata. dengan aliran sungai kecil dibawahnya. Disisi barat Pantai ini dibatasi oleh Bukit Bunton yang menjulang ditumbuhi pohon kelapa. Disisi timur terdapat Pantai dan Tanjung Karang Penganten.
Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Surumanis dianjurkan untuk menuju Pantai Pecaron terlebih dahulu. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri perbukitan sejauh kurang dari 1 Km. Dengan sulitnya medan yang ditempuh Pantai Surumanis sangat cocok untuk anda yang suka berpetualang. Tertarik? (LintasKebumen©2015)



Rute
Rute

Rute: Dari Kota Kebumen ambilah jalan menuju Pantai Petanahan (lewati) lanjutkan ke arah Pantai Suwuk (lewati). Perjalanan dilanjutkan ke arah Pantai Karangbolong (lewati). Jika menemui pertigaan jalan yang luas, lurus saja (jalur kiri) menuju Pantai Ayah. Selanjutnya mengikuti jalan raya hingga melewati Pantai Pasir. Selepasnya akan menemui tikungan yang naik tajam. Tikungan tajam serta tanjakan. Masuklah ke Gang Pintu Masuk Pantai Pecaron. Setelah sampai Pantai Pecaron harus mendaki bukit hingga Pantai Surumanis di sebelah timur Pantai Pecaron.

Selamat menjelajah pantai selatan di Kota Kebumen. Terutama pantai Surumanis, dengan pasir coklatnya dan birunya laut yang menyegarkan. Dijamin puas, dan tidak akan kecawa.

sumber : https://lintaskebumen.wordpress.com/2015/03/17/terpesona-keindahan-pantai-surumanis/
Vera Dwi Cahyani

Vera Dwi Cahyani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.